• ISABC

ISABC dan HIMPUH Bahas Strategi Pemulihan Bisnis Haji Umrah Pasca Pandemi


Presiden ISABC, M Hasan Gaido didampingi CEO Digital Hospital, dr. Putro S Muhammad saat berkunjung ke Kantor Pusat HIMPUH.

ISABC.OR.ID-Presiden Indonesia-Saudi Arabia Business Council (ISABC), M Hasan Gaido melakukan kunjungan ke Kantor Pusat Himpunan Pengusaha Umrah dan Haji (HIMPUH), di Jakarta, pada Kamis (17/3/2022).


Hasan Gaido yang datang bersama CEO Digital Hospital, dr. Putro S Muhammad disambut langsung oleh Ketua Umum HIMPUH, Budi Darmawan Amirsyah beserta sejumlah pengurus pusat HIMPUH lainnya.


Sebagai salah satu sosok yang ikut mendirikan HIMPUH, Hasan Gaido mengaku selalu memberikan perhatian terhadap dinamika perjalanan asosiasi tersebut, terutama selama menghadapi masa pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir.


"Saya senang sekali bisa bersilaturahmi dengan HIMPUH. Tentu saja ini merupakan silaturahmi yang sedikit berbeda, karena HIMPUH adalah bagian dari perjalanan hidup saya selama berkiprah di industri perjalan haji dan umrah," ujar Hasan Gaido.


Pada pertemuan tersebut, Hasan Gaido mengatakan, pihaknya banyak berdiskusi terkait masa depan industri haji umrah, serta strategi untuk bangkit kembali pasca badai pandemi yang menghantam industri itu.


"Jadi kita memang lebih banyak bertukar pendapat tentang pelaksanaan haji dan umrah kedepan. Kita berharap, dengan mulai terkendalinya pandemi Covid-19 baik di Indonesia maupun di Arab Saudi, bisa menjadi momentum kebangkitan industri ini," jelas Hasan Gaido,


Sementara itu, Ketua Umum HIMPUH, Budi Darmawan menyampaikan, saat ini HIMPUH masih mengandalkan program konsorsium haji dan umrah sebagai strategi bertahan di masa transisi menuju new normal.


"Agar bisa tetap mengakomodir anggota-anggota kami, maka kami terus jalankan program umrah dan haji konsorsium ini, baik yang menginduk ke Kemenag ataupun ke HIMPUH itu sendiri," ungkap Budi Darmawan.


"Kami sadar, sekarang ini belum mudah bagi perusahaan travel menggaet jemaah dalam jumlah banyak, oleh karena itu, program konsorsium sangat membantu bagi mereka yang baru memiliki sedikit jemaah, agar tetap bisa memberangkatkan jemaahnya dengan coast yang lebih murah," sambung Budi Darmawan.


Lebih lanjut, Budi Darmawan mengutarakan, bahwa HIMPUH sudah mempersiapkan pelaksanaan haji tahun ini, apapun keputusan yang nantinya dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia maupun Arab Saudi.


"Kami juga sudah menjalin komunikasi dengan pihak Muassasah di Arab Saudi untuk pelaksanaan ibadah haji ini. Kita berdoa dan berharap, semoga segala sesuatunya menjadi lebih baik untuk kita semua," pungkas Budi Darmawan.


Di tempat yang sama, Digital Hospital dan HIMPUH melakukan diskusi untuk menjajaki peluang kerja sama penyediaan layanan kesehatan bagi jemaah umrah dan haji konsorsium HIMPUH.


"Apabila kerja sama ini bisa terealisasi, maka kedepan kita akan memastikan calon jemaah haji umrah mendapatkan layanan kesehatan yang lengkap, baik sebelum berangkat, saat keberangkatan, dan setelah kedatangan," terang CEO Digital Hospital, dr. Putro S Muhammad.

3 views0 comments